Kondang Sari; Kelompok Tembakau dilatih OPT

Paseh, NUS Online, Kelompok Tani Kondang Sari khususnya petani tembakau mendapat pencerahan dan pelatihan dari Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat tentang pengamatan dan Pengendalian OPT, Kamis, 8/7/2022 di MI Babakan Kondang.

Tampak hadir narasumber dari Dinas Perkebunan Provinsi, Dinas Pertanian Kabupaten Sumedang, Kamelia, penyuluh pertanian, Fiqi Zulfikar, Kepala Desa Bongkok, pengurus kelompok tani dan anggota.

Acara diawali sambutan kepala Desa Bongkok, Fiqi Zulfikar, ia mengajak para peserta untuk aktif mengikuti kegiatan yang bermanfaat bagi para petani.

“Saya sebagai kepala desa merasa senang adanya kegiatan OPT ini, semoga bapak, ibu peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan aktif. Acara ini senada dengan program ketahanan pangan desa” sambut Fiqi yang juga aktif di GP Ansor.

Para peserta tampak antusias dan aktif bertanya kepada narasumber tentang pengendalian hama tembakau. Pelatihan dilaksanakan selama lima hari dengan metode penyampaian materi power point, praktek lapangan dan belajar membuat obat pengendalian hama tembakau.

Program ini menurut M Wahyudin, salah satu narasumber dari Dinas Perkebunan Jabar bertujuan memberikan pembekalan kepada para petani tentang pengamatan dan pengendalian hama tembakau. Dengan bekal ilmu, petani dapat menghasilakan panen tembakau yang berkualitas dan berdampak pada kesejahteraan keluarga petani.

Pewarta; dinuro